- Social Media
- Path mulai meredup, socmed makin mengerucut antara Facebook, Twitter, Instagram.
- Instragam akan lebih dominan ketimbang twitter.
- Banyak muncul ragam socmed baru, tapi tidak ada yang booming.
- Online shopping & apps
- Sepertihalnya fenomena dotcom, banyak yang membuka online shopping juga apps, tapi tidak banyak yang bertahan karena terlalu generic, akhirnya banyak online shopping yang mulai meredup atau dijual / digabung dengan yang lain.
- Apps semakin menjamur dan merubah kita dalam beraktivitas, semakin banyak apps untuk mendampingi kegiatan sehari-hari. Contoh:
- Arisan online
- Bantuan online
- Pendidikan online
- Youtube sebagai salah satu penantang utama channel TV di Indonesia.
- Xiaomi mungkin akan makin laris, karena edukasi dan influence dari pengguna. Top fitur yang diunggulkan adalah: kamera, desain, dan murah.
- Samsung mobile phone mungkin juga mulai meredup secara global. Karena tidak efisien, terlalu banyak mengeluarkan varian produk, dan produk flagship yang terlalu overprice.
- Apple memang tidak akan menjadi nomor satu karena bertahan di segmen premium dan kreatif.
- Wearable gadget murah banyak dicari karena konsumen banyak ingin mencoba.
- Property mulai mengalami stagnasi dari sisi “Real Consumption”, kebanyakan pembeli hanya investor. Hutang kredit property mulai menjadi ancaman keuangan.
- …. To be added
Leave a Reply